Kamis, 22 September 2016

Karlis Arum Manis Sebagai Jajanan Tradisional dan Dampaknya Pada Tubuh

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Makanan merupakan kebutuhan bagi manusia guna kelangsungan hidupnya. Makanan terbagi atas dua jenis yakni makanan pokok dan makanan ringan.
Dewasa ini makanan tradisional mulai ditinggalkan tetapi keberadaannya masih dapat ditemui . Makanan ringan seperti arum manis konsumen terbesarnya adalah anak-anak.
Arum manis adalah  jajanan tahun 90-an yang memiliki rasa legit dan tekstur berbentuk serat-serat halus seperti rambut.  Arum manis memiliki nama lain “kembang gula kapas warna-warni”. Arum manis terkenal karena rasa dan warnanya yang mencolok. Namun di zaman modern sekarang ini  jarang menjumpai penjual arum manis keliling. Arum manis memliki beragam jenis yaitu, arum manis gula jawa kacang tanah, arum manis gula pasir dan lainnya.
 Bahan baku pembuatan arum manis terdiri atas gula dan pewarna makanan sehingga terasa sangat manis. Hal tersebut tentu memiliki dampak bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat karya tulis dengan judul Arum Manis Sebagai Jajanan Tradisional dan Dampaknya Pada Kesehatan Tubuh.

B.     Rumusan Masalah
1.    Kandungan apa yang terdapat pada jajanan tradisional arum manis?
2.    Bagaimana dampak arum manis bagi kesehatan?


C.    Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui keberadaan jajanan tradisonal arum manis di masyarakat dan dampaknya pada tubuh.

D.    Manfaat Penulisan
Manfaat penelitian secara teoritis :
1.    Menjadi inspirasi bagi penelitian-penelitian sejenis yang berkaitan dengan arum manis terutama kepada pecintanya.
2.    Menjadi dasar teori dan memberikan sumbangan teori bagi para pecinta arum manis.
Manfaat penelitian secara praktis :
1.    Memberi gambaran tentang arum manis dengan pecintanya
2.    Memberikan informasi secara mendalam mengenai arum  manis dengan pecintanya dan menambah pengetahuan mengenai arum  manis.




BAB II
DASAR TEORI

A.        Definisi Jajanan Tradisional

        Jajanan pasar adalah jajanan pasar tradisional Indonesia yang diperjuai belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional.

Sampai saat ini jajanan pasar masih diminati oleh masyarakat meskipun telah banyak makanan luar negri yang sudah masuk di pasaran tapi jajanan pasar masih banyak diminati krena jajanan pasar bukan hanya harganya yang terjangkau saja tapi rasanya juga enak dan jenisnya beragam.[1]

B.            Definisi Arum Manis

                                Arum manis adalah makanan dengan rasa manis, sesuai dengan namanya dan sangat ringan. Ada 2 jenis arumanis yang dijajakan oleh penjualnya. Saat kecil dulu, penulis lebih sering menemukan arum manis ini di”buat” terlebih dulu oleh penjualnya. Cara buatnya menggunakan mesin yang dioperasikan dengan tangan atau kaki. Jangan membayangkan mesin yang digunakan adalah mesin modern dan canggih. Melainkan mesin yang cukup sederhana. Bahannya saja terbuat dari kaleng.
Kedua adalah arum manis yang siap saji. Hanya perlu ditata diantara 2 lembar simping. Simping sendiri merupakan sejenis kerupuk (berbunyi kriuk) yang tipis tapi rasanya tidak segurih kerupuk. Jenis arum manis inilah yang saat ini banyak dijajakan keliling daerah perumahan.[2] Gambar  2.1 Gulali
C.        Asal Mula Arum Manis
Arum manis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World'f Fair dengan nama “Fairy Floss” atau yang dalam bahasa Indonesia disebut “Benang Peri”. Pembuatan arum manis ini adalah dengan memasukkan gula pasir dan pewarna makanan ke dalam mesin penghancur gula.[3]

D.        Bahan-Bahan Pembuatan Arum Manis
 Bahan  untuk pembuatan arum manis mudah di dapatkan di pasar atau            supermarket. Antara lain :
1.      1 kg gula pasir bersih
2.      ¼ kg terigu
3.      ¼ liter minyak goreng[4]
Gambar  2.2 Gulali
E.       Proses Pembuatan Arum Manis
1.      Gula dimasak dengan 1 gayung air sampai keluar busa dan mengental.
Sebelumnya masak terigu bersama minyak goreng sampai berwarna coklat.
2.      Setelah matang dinginkan kemudian gula dibolak-balik dengan spatula  sampai membentuk adonan dan aduk trus biar tidak mengeras.
3.      Kemudian menyiapkan meja dengan kayu ditengah meja dengan alas seng taburi terigu yang dimasak dengan minyak tadi.
engolesi meja dengan minyak goreng yang ada dimasak dengan terigu.
5.      Meratakan lalu taruh adonan diatas meja buat lubang seperti donat masukkan ke kayu penopang lalu tari (nariknya harus masih panas gulanya).
6.      Menarik terus dengan cara yang sama biar gula berubah menjadi lembaran-lembaran rambut terus sampai halus tariknya harus dengan tenaga extra ya.[5]




1 komentar:

  1. Jackpot City Casino Site Review - Lucky Club Live
    Jackpot City is a reputable online gambling site. The site offers luckyclub.live a wide range of games, including blackjack, roulette, video poker, video

    BalasHapus